Bengawan.candhu
bintangparikesit@rocketmail.com
Pengertian rajah keris/Inskripsi ato rajah scr umum adlh suatu lukisan ato goresan ato motif yg biasanya trdapat pd bilah keris ato pedang ato badik dsb. Pamor dibuat dr lelehan batu meteor/emas/perak. Klo menggunakan meteor sbg dgn kadar panas tertentu,pamor dpt dlelehkan dan dicairkan kmdn dialirkan,dioleskan maupun diatur sedemikian rupa shg membentuk tulisan,huruf,gambaran semacam motif – motif atopun lukisan-lukisan tertentu yg scr sengaja drancang oleh empunya,ato kekuatan batin ilhamnya menuntun sang empu u/berkarya dgn ukirannya/motifnya yg dgambarkn dlm wujud rajah/symbol/tulisan/gambar. Bs jg menggunakan lapisan emas ato perak yg diukir dan dihiaskan pd bilah keris oleh sang empu. Inskripsi/Rajah dyakini oleh sebagian penggemar keris pusaka selain u/keindahan jg memiliki mksd ato tanda tertentu yg kt sebut “sabda doa” ato klo yg biasa kt kenal sebagai tuah.
Tp kami dsini lbh senang menyebutnya sbg “sabda doa”,krn klo tuah mnrt kami
seakan akan melukiskan suatu fungsi yg paten yg kami khawatirkn mengarah pengkultusan thdp benda pusaka,harapan kami klo yg terlampir ddalam keris disebut sabda doa,kt akan lbh mawas diri,selagi itu adlh sabda doa,kami harap kt akan sll ingat akan kebesaran Tuhan Sang Raja Semesta Alam dlm memandang dan mensikapi sebilah keris,karena mnrt pendapat kami yg namanya sabda doa ada yg akan djawab/dberikan ddunia ato di hari nnt/alam akhirat. Shg kt bersikap lbh hati2 dan bijak dlm menyikapi menyimpulkan sesuatu yg kt sebut sbg “tuah” scr lbh bijak dan berhikmah. Spt saat kt berdoa sehari2sj,ada yg dkabulkan atopun ada yg tdk/belum dkabulkn oleh Allah Swt.
U/memfokuskan pembahasan dsini maka yg kami mksd rajah/inskripsi adlh pd bilah pusaka khususnya keris. Semoga dr wacana ini dpt mjd share yg berguna bagi pendewasaan dan pengetahuan kt u/mengenal pusaka scr lbh baek akan salah satu budaya kekayaan intelektual nenek moyang kita. Pamor ato rajah ato inskripsi ini adlh sesuatu yg dharapkan/diagungkan oleh sang empu u/diabadikan beliau dlm sebilah keris. Bisa dlm berbagai bentuk ato macam gambar jelas,gambar tdk jls,huruf/rajah.
Gambar rajah/pamor dr masa kemasa memiliki perkembangan yg tdk sama. Bhkn mengalami perkembangan dan perubahan sesuai dgn masa atau jamannya.
Gambar rajah pd jaman majapahit bentuk inskripsi ato rajah biasanya adlh binatang2 yg dsucikan,msl naga,garuda,sapi,gajah,harimau,singa. Ato bhkn gmbr2 dewa ato simbo2 dewa yg dsembah raja ato masyarakat pd wkt itu. Pd inskripsi ato gambar rajah tsbt tdpt suatu doa pengharapan penghormatan pengingat ato bhkn suatu panutan/idola klo istilahnya skrg. Yg dilambangkan sbg lambing dr doa keselamatan dan perlindungan jg keberanian dsb.
Kmdn pd saat msknya jaman islam ato transisi ke jaman hindhu ke islam keris pd inskripsinya mengalami penyesuaian lbh didominasi huruf jawa dan arab,ato bhkn symbol bintang daud. Pd jaman majapahit inskripsi ato rajah keris diarahkn kea rah daya linuwih/power krn masa itu mmg masa perluasan kekuasaan ato wilayah ato jaman peperangan. Shg sabda doa yg dtekankan ke keris dharapkn dpt menambah kharisma,wibawa,keberanian dan daya linuwih bagi para pemegangnya.
Sedang pd jaman islam,krn pd masa ini lbh cenderung stabil damai dan dominasi para wali dalam pemerintahan dan kraton dan kepiawaian mrk msk dlm struktur social budaya masyarakat wkt itu. shg fungsi keris inskripsinya lbh cenderung kearah syiar ato dakwah. Shg byk menggunakan gambar rajah arab ato bhkn jawa. Krn pd jaman2 tsbt kebudayaan keris hampir dimiliki dan keharusan dimiliki oleh stp lapisan masyarakat. Pd jaman ini inskripsi ato rajah pd bilah keris bs sj huruf arab berupa surat-surat pendek,msl alfatihah,alfalaq,al ikhlas,asmaul husnah,annas dsb. Diharapkan dgn adanya penempelan rajah pd bilah keris tsbt org akan sll ingat akan kewajibannya sbg mns thdp Tuhannya.
Inskripsi ato rajah ini mrpkn suatu sugesti bagi pemilik2nya buat sugesti positif thinking yg trs menerus,brupa visualisasi energi yg positif kpd ilahiah brupa ketentraman yg sll dlantunkan dan diingat sang pemilik. Shg factor ini bs jd yg membawa kebaikan dan keberuntungan bagi sang pemilik krn hatinya sll ingat dan berdzikir krn Allah. Inskripsi rajah arab kmungkinan besar mengalami perkembangan yg cukup pesat pd jamannya wali songo ato pd jaman kasultanan demak,pajang dan mataram. Pd jaman mataram inilah puncak dr kesempurnaan pembuatan dan garap dr keris. Krn pd jaman mataram yg pd wkt itu Eyang Prabu Sultan Agung Anyakrakusumo memerintahkn kpd sgenap rakyat u/memiliki hak yg sama dlm menggunakan dan menyandang keris scr bebas. Tnp perlu u/takut diminta ato dirampas oleh para pejabat ato pemerintah. Shg rakyat wkt itu bnr2 bersuka cita dan smkn mencintai rajanya. Shg pd jaman tsbt sdh sgt jamak apbl rakyat biasa menyandang sebilah keris. Jg pd jaman Mataram Sultan Agung,empu2 yg mumpuni dan bnr2 ahli dkumpulkan dan mendapat fasilitas dan tdk jarang kedudukan dlm pemerintahan atas jasa2 mereka membuat dan mempersembahkn keris karya mrk kpd sang raja ato kpd klrg kerajaan. Shg pd jaman ini empu mendapat tmpt trsendiri dlm pemerintahan dan klrg kerajaan.
Sedang pd jaman PB IV dikembangkn kmbl oleh para empu yg ada pd saat itu sbg identitas sang empu,yg kmungkinan dipengaruhi budaya barat/eropa. Shg dibagian pesi/bagian yg dimasukkan kedlm gagang keris sdh mulai dituliskan nama empu pembuatnya. Biasanya yg membuat identitas diri dlm keris tsbt adlh empu2 dr keratin yg biasanya lbh revolusioner. Diantaranya adlh empu brajakaryo,brojo sentiko,empu japan,empu singo wijoyo dsb. Pamor ato rajah inskripsi pd jaman sekarang mengalami penyesuaian kmbl sbg suatu hal yg menambah nilai seni yg antik,unik dan menempati tempat trsendiri bagi para penggemar keris dtanah air maupun manca Negara. Memiliki nilai eksoteris yg bernilai tinggi dan indah. Suatu karya estetika yg adi luhung dan berseni tinggi. Berbahagialah,krn keris mrpkn satu2nya seni tempa,seni batin,seni karya cipta rasa karsa yg mjd satu dgn daya batin spiritual positif bagi generasi2 penerus di bawahnya. Tidak semua bangsa memiliki budaya spt budaya keris ini,shg UNESCO pun terketuk dan mengakui shg memutuskan bhw keris adlh budaya ASLI INDONESIA. Dan menyebutnya sbg MASTERPIECE OF THE ORAL AND INTANGIBLE HERITAGE OF HUMANITY ,ato KARYA AGUNG WARISAN KEMANUSIAAN BAGI SELURUH BANGSA DI DUNIA. Marilah kt jaga buadaya kt ini dgn sebaik2nya. Dgn menghormati dan menjaga budaya ini dgn sebaik2nya dan scr wajar.
Demikian setetes wacana perkembangan rajah/inskripsi pusaka dr jaman hindhu ke jaman islam. Smg dpt dsikapi dgn bijak dan diambil manfaatnya. Ada kurang lbhnya mhn dimaafkan,krn dsini kami bknnya merasa lbh bs dari para sesepuh dan pinisepuh tetapi semata keinginan kami u/napak tilas saja dr tuntunan kilas balik kami.
bintangparikesit@rocketmail.com
Pengertian rajah keris/Inskripsi ato rajah scr umum adlh suatu lukisan ato goresan ato motif yg biasanya trdapat pd bilah keris ato pedang ato badik dsb. Pamor dibuat dr lelehan batu meteor/emas/perak. Klo menggunakan meteor sbg dgn kadar panas tertentu,pamor dpt dlelehkan dan dicairkan kmdn dialirkan,dioleskan maupun diatur sedemikian rupa shg membentuk tulisan,huruf,gambaran semacam motif – motif atopun lukisan-lukisan tertentu yg scr sengaja drancang oleh empunya,ato kekuatan batin ilhamnya menuntun sang empu u/berkarya dgn ukirannya/motifnya yg dgambarkn dlm wujud rajah/symbol/tulisan/gambar. Bs jg menggunakan lapisan emas ato perak yg diukir dan dihiaskan pd bilah keris oleh sang empu. Inskripsi/Rajah dyakini oleh sebagian penggemar keris pusaka selain u/keindahan jg memiliki mksd ato tanda tertentu yg kt sebut “sabda doa” ato klo yg biasa kt kenal sebagai tuah.
Tp kami dsini lbh senang menyebutnya sbg “sabda doa”,krn klo tuah mnrt kami
seakan akan melukiskan suatu fungsi yg paten yg kami khawatirkn mengarah pengkultusan thdp benda pusaka,harapan kami klo yg terlampir ddalam keris disebut sabda doa,kt akan lbh mawas diri,selagi itu adlh sabda doa,kami harap kt akan sll ingat akan kebesaran Tuhan Sang Raja Semesta Alam dlm memandang dan mensikapi sebilah keris,karena mnrt pendapat kami yg namanya sabda doa ada yg akan djawab/dberikan ddunia ato di hari nnt/alam akhirat. Shg kt bersikap lbh hati2 dan bijak dlm menyikapi menyimpulkan sesuatu yg kt sebut sbg “tuah” scr lbh bijak dan berhikmah. Spt saat kt berdoa sehari2sj,ada yg dkabulkan atopun ada yg tdk/belum dkabulkn oleh Allah Swt.
U/memfokuskan pembahasan dsini maka yg kami mksd rajah/inskripsi adlh pd bilah pusaka khususnya keris. Semoga dr wacana ini dpt mjd share yg berguna bagi pendewasaan dan pengetahuan kt u/mengenal pusaka scr lbh baek akan salah satu budaya kekayaan intelektual nenek moyang kita. Pamor ato rajah ato inskripsi ini adlh sesuatu yg dharapkan/diagungkan oleh sang empu u/diabadikan beliau dlm sebilah keris. Bisa dlm berbagai bentuk ato macam gambar jelas,gambar tdk jls,huruf/rajah.
Gambar rajah/pamor dr masa kemasa memiliki perkembangan yg tdk sama. Bhkn mengalami perkembangan dan perubahan sesuai dgn masa atau jamannya.
Gambar rajah pd jaman majapahit bentuk inskripsi ato rajah biasanya adlh binatang2 yg dsucikan,msl naga,garuda,sapi,gajah,harimau,singa. Ato bhkn gmbr2 dewa ato simbo2 dewa yg dsembah raja ato masyarakat pd wkt itu. Pd inskripsi ato gambar rajah tsbt tdpt suatu doa pengharapan penghormatan pengingat ato bhkn suatu panutan/idola klo istilahnya skrg. Yg dilambangkan sbg lambing dr doa keselamatan dan perlindungan jg keberanian dsb.
Kmdn pd saat msknya jaman islam ato transisi ke jaman hindhu ke islam keris pd inskripsinya mengalami penyesuaian lbh didominasi huruf jawa dan arab,ato bhkn symbol bintang daud. Pd jaman majapahit inskripsi ato rajah keris diarahkn kea rah daya linuwih/power krn masa itu mmg masa perluasan kekuasaan ato wilayah ato jaman peperangan. Shg sabda doa yg dtekankan ke keris dharapkn dpt menambah kharisma,wibawa,keberanian dan daya linuwih bagi para pemegangnya.
Sedang pd jaman islam,krn pd masa ini lbh cenderung stabil damai dan dominasi para wali dalam pemerintahan dan kraton dan kepiawaian mrk msk dlm struktur social budaya masyarakat wkt itu. shg fungsi keris inskripsinya lbh cenderung kearah syiar ato dakwah. Shg byk menggunakan gambar rajah arab ato bhkn jawa. Krn pd jaman2 tsbt kebudayaan keris hampir dimiliki dan keharusan dimiliki oleh stp lapisan masyarakat. Pd jaman ini inskripsi ato rajah pd bilah keris bs sj huruf arab berupa surat-surat pendek,msl alfatihah,alfalaq,al ikhlas,asmaul husnah,annas dsb. Diharapkan dgn adanya penempelan rajah pd bilah keris tsbt org akan sll ingat akan kewajibannya sbg mns thdp Tuhannya.
Inskripsi ato rajah ini mrpkn suatu sugesti bagi pemilik2nya buat sugesti positif thinking yg trs menerus,brupa visualisasi energi yg positif kpd ilahiah brupa ketentraman yg sll dlantunkan dan diingat sang pemilik. Shg factor ini bs jd yg membawa kebaikan dan keberuntungan bagi sang pemilik krn hatinya sll ingat dan berdzikir krn Allah. Inskripsi rajah arab kmungkinan besar mengalami perkembangan yg cukup pesat pd jamannya wali songo ato pd jaman kasultanan demak,pajang dan mataram. Pd jaman mataram inilah puncak dr kesempurnaan pembuatan dan garap dr keris. Krn pd jaman mataram yg pd wkt itu Eyang Prabu Sultan Agung Anyakrakusumo memerintahkn kpd sgenap rakyat u/memiliki hak yg sama dlm menggunakan dan menyandang keris scr bebas. Tnp perlu u/takut diminta ato dirampas oleh para pejabat ato pemerintah. Shg rakyat wkt itu bnr2 bersuka cita dan smkn mencintai rajanya. Shg pd jaman tsbt sdh sgt jamak apbl rakyat biasa menyandang sebilah keris. Jg pd jaman Mataram Sultan Agung,empu2 yg mumpuni dan bnr2 ahli dkumpulkan dan mendapat fasilitas dan tdk jarang kedudukan dlm pemerintahan atas jasa2 mereka membuat dan mempersembahkn keris karya mrk kpd sang raja ato kpd klrg kerajaan. Shg pd jaman ini empu mendapat tmpt trsendiri dlm pemerintahan dan klrg kerajaan.
Sedang pd jaman PB IV dikembangkn kmbl oleh para empu yg ada pd saat itu sbg identitas sang empu,yg kmungkinan dipengaruhi budaya barat/eropa. Shg dibagian pesi/bagian yg dimasukkan kedlm gagang keris sdh mulai dituliskan nama empu pembuatnya. Biasanya yg membuat identitas diri dlm keris tsbt adlh empu2 dr keratin yg biasanya lbh revolusioner. Diantaranya adlh empu brajakaryo,brojo sentiko,empu japan,empu singo wijoyo dsb. Pamor ato rajah inskripsi pd jaman sekarang mengalami penyesuaian kmbl sbg suatu hal yg menambah nilai seni yg antik,unik dan menempati tempat trsendiri bagi para penggemar keris dtanah air maupun manca Negara. Memiliki nilai eksoteris yg bernilai tinggi dan indah. Suatu karya estetika yg adi luhung dan berseni tinggi. Berbahagialah,krn keris mrpkn satu2nya seni tempa,seni batin,seni karya cipta rasa karsa yg mjd satu dgn daya batin spiritual positif bagi generasi2 penerus di bawahnya. Tidak semua bangsa memiliki budaya spt budaya keris ini,shg UNESCO pun terketuk dan mengakui shg memutuskan bhw keris adlh budaya ASLI INDONESIA. Dan menyebutnya sbg MASTERPIECE OF THE ORAL AND INTANGIBLE HERITAGE OF HUMANITY ,ato KARYA AGUNG WARISAN KEMANUSIAAN BAGI SELURUH BANGSA DI DUNIA. Marilah kt jaga buadaya kt ini dgn sebaik2nya. Dgn menghormati dan menjaga budaya ini dgn sebaik2nya dan scr wajar.
Demikian setetes wacana perkembangan rajah/inskripsi pusaka dr jaman hindhu ke jaman islam. Smg dpt dsikapi dgn bijak dan diambil manfaatnya. Ada kurang lbhnya mhn dimaafkan,krn dsini kami bknnya merasa lbh bs dari para sesepuh dan pinisepuh tetapi semata keinginan kami u/napak tilas saja dr tuntunan kilas balik kami.
Insya allah,pd kesempatan berikutnya Kami akan membahas berbagai macam dan bentuk pamor,shg menambah referensi dan kajian bagi kt bersama.
Magelang, Bhumi Menoreh Pranan…..Mgg I November 2010.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar